Saturday, September 16, 2006

ZAHA HADID'S MOSQUE



Mungkin ada yang ingin lihat rancangan masjid karyanya Zaha Hadid, termasuk saya (dulu sih ;-)). Masjid ini dirancang untuk kompetisi/sayembara masjid pada tahun 2000 dan rencananya dibangun di Strasbourg, Perancis dan diberi nama La Grande Mosquée de Strasbourg (The Great Mosque of Strasbourg). Ada beberapa penjelasan tentang karya desain ini di Monografnya Zaha (1983-2004) atau di El Croquis edisi 103 (2001) (http://www.elcroquis.es). Yang jelas rancangan ini sih enggak dibangun, ceu nah....



Gagasan bentuk secara garis besar konon diturunkan dari pola-pola suara (sound patterns), reverberations, dan permainan sinar/cahaya (the play of daylight). Lihat dan perhatikan "The ribbon-like lines" pada bentuk atapnya.



Sementara gagasan garis-garis yang seperti mengalir dan meliuk-liuk (streamline
) pada struktur dan ruang-ruang dalam bangunan ini katanya muncul dari metafora kaligrafi Islam. Kaligrafi itu pula yang secara khusus dipakai sebagai tampilan lapisan lapisan kulit/selubung (enclosure) pada ruang utama sholat (the prayer hall). Lain waktu insyaAllah saya lengkapi ulasannya. (Cuma ngebayangin, kalau jadi dibangun apa malah bisa khusyuk saat sholat di dalamnya ya ;-)).

Foto/gambar
©Zaha Hadid Architects

3 comments:

priyatnadp said...

salut nih buat mas bambang yang terus konsisten di arsitektur masjid...baru liat disini saya masjidnya zaha hadid.

Anonymous said...

Terima kasih info masjid mbak Hadid ini.
Mohon terus informasikan masjid dengan langgam-langgam baru.

-indradv@yahoo.com-

depoy said...

puyeng seh liatnya :P... Tapi gebrakan baru yang lepas dari definisi masjid yang sudah diterima oleh umum...
Tapi memang karya Zaha Hadid itu rata2 sukar ditebak... pasti surprise!!!

Btw belon pulang2 ke indo neh? :D