Saturday, September 02, 2006

TENTANG KUBAH 2 (Tanya)

Dear Pak Bambang,

Pak, saya ini mahasiswa Pasca Sarjana Teknik Arsitektur ..... (dihapus), mau minta komentar tentang judul penelitian saya: "Kubah dalam Arsitektur Islam". Saya adalah dosen negeri pada Jurusan teknik arsitektur pada Universitas ..........(dihapus). Pertanyaan saya adalah apakah literatur yang dapat mendukung judul penelitian saya ini atau tidak? Apakah bapak dapat membantu saya dalam memperlancar penelitian saya ini?

Please reply,
the very best regards,

----

Reply:

Saya kira, sebelum secara spesifik melakukan studi tentang kubah dalam arsitektur Islam itu, ada baiknya Bapak/ibu perlu melakukan kajian-kajian kecil paling tidak seperti:

1. Apa itu Arsitektur Islam (teoritik)
2. Kilas pandang arsitektur Islam/monumen/bangunan umat Islam, dari sejarah dan perkembangannya di berbagai belahan dunia (empirik)
3. Simbol dan identitas dalam arsitektur (teoritik/praxis)
4. Kubah, dari kajian struktur/konstruksi, dan kesejarahannya khususnya asal-usul (origin).

Hal-hal itu sedikit banyak akan memberikan "foundation" untuk melakukan kajian yang lebih tajam. Bagusnya, sebelum kita melakukan riset, perlu membaca dulu kajian–kajian seperti itu. Memang perlu kajian, seminar kecil, atau kuliah-kuliah dan baca-baca resource baik langsung maupun tidak langsung terkait topiknya.

Tentu saja banyak buku/literatur yang mendukung tema-tema spt itu. Kebetulan buku-buku saya ada di Indonesia dan yang di sini sedang saya kirim pulang lewat kapal laut, sehingga belum bisa mengecek lagi bibliografi yang langsung terkait ini (namun seingat saya belum ada yang secara khusus mengkaji/publikasi topik ini, kurang tahu kalau
unpublished work). Sekadar sebagai awal, mungkin daftar dan/atau referensi berikut ada manfaatnya (2 pdf file).

Demikian dulu dari saya,
Wassalamualaikum

No comments: